eye_logoTwitter app Tips & Review

Akun Twitter Ini Ditawar Rp 600 Juta, Namun Kini Telah Dibajak

Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang bagaimana akun-akun selebtwit yang telah populer mendadak berganti menjadi sebuah akun baru, dan akun tersebut beralih fungsi menjadi sebuah akun untuk sebuah brand atau keperluan komersial. Aksi menjaring follower dalam jumlah ribuan untuk kemudian dijual kembali memang bukan barang baru di Twitter.

Namun yang dialami oleh pengguna Twitter berikut ini justru sebaliknya: nama akunnya yang sangat sederhana dianggap sangat ideal dan telah berulang kali ditawar untuk dibeli oleh berbagai pihak. Si pengguna bahkan mengklaim bahwa dirinya pernah mendapatkan tawaran sebesar $50 ribu (atau sekitar Rp 600 juta) untuk menjual akun tersebut, namun tawaran tersebut ditolaknya lantaran pengguna tersebut benar-benar menyukai akun Twitter miliknya.

Akun Twitter yang banyak diburu ini adalah @N milik Naoki Hiroshima, seorang developer dari aplikasi Echofon.

Gagal lewat cara halus, para peminat akun ini pun telah berulang kali mencoba membajak akun @N untuk dimiliki sendiri. Untungnya cara tersebut bisa digagalkan lewat sebuah metode yang sederhana. Namun akhirnya Naoki harus rela kehilangan akun miliknya setelah mendapatkan peringatan dari GoDaddy dan PayPal.

Naoki mengatakan bahwa dirinya mendapatkan sebuah SMS dari PayPal bahwa seseorang mencoba untuk mengubah password miliknya, sementara peringatan serupa dari GoDaddy datang dalam bentuk email.

SMS dari PayPal dihiraukan oleh Naoki, namun email dari GoDaddy adalah sebuah konfirmasi tentang perubahan akun. Naoki tak bisa melakukan login ke akun GoDaddy miliknya untuk mengubah informasi pribadi, lantaran 6 digit terakhir dari kartu kreditnya telah diubah oleh si hacker. Cara ini membuat Naoki tak memiliki bukti cukup untuk mengklaim bahwa dirinya adalah pemilik asli dari akun @N.

Setelah sukses membajak @N, si hacker kemudian menghubungi Naoki untuk memberitahukan bahwa dirinya hanya sekedar memiliki akun Twitter @N. Si hacker lalu memeras Naoki dan mengatakan bahwa dirinya tak akan menyerang data dari website Naoki di server GoDaddy, selama akun Twitter @N menjadi milik si hacker. Lucunya, si hacker lalu menawarkan bantuan apakah Naoki membutuhkan bantuan untuk mengamankan akun-akun PayPal dan GoDaddy di masa mendatang.

akun n

Si hacker lalu menjelaskan bahwa dirinya bisa menebak 4 digit terakhir dari nomor kartu kredit Naoki yang tertera di akun GoDaddy dengan sebuah cara yang sangat mudah via PayPal. Setelah sukses mendapatkan 4 digit terakhir, hacker kemudian menghubungi GoDaddy untuk berpura-pura bahwa dirinya kehilangan kartu kredit, namun masih mengingat 4 digit terakhir. GoDaddy kemudian mengijinkan si hacker menebak 2 digit pertama dari nomor kartu kredit hingga benar.

Akun Twitter @N kini menjadi akun bergembok, sementara Naoki Hiroshima terpaksa menggunakan akun Twitter baru @N_is_stolen.

sumber

Akun Twitter Ini Ditawar Rp 600 Juta, Namun Kini Telah Dibajak | Eka Puspita | 4.5
site stats